Artikel tentang type data sederhana
dan majemuk
Tipe data adalah suatu nilai
yang dapat dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel dan operator.
Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan variabel menyatakan nilai yang
dapat berubah-ubah selama eksekusi berlangsung
Tipe data dapat didefinisikan
dengan istilah tempat untuk menentukan pemberian nilai terhadap suatu variabel
sesuai atau tidak dengan nilai yang diberikan oleh user. Saya sebagai penulis
kurang tahu berapa pastinya jumlah tipe data, karena tiap sumber yang saya
perolah selalu mnyatakan jumlah yang berbeda,
namun di pembahasan kali ini tipe data yang
dibahasa terbagi 2, yaitu tipe data primitive, dan composite, namun pada Turbo
Pascal terdapat satu tipe lainnya, yaitu tipe data terstruktur.
Type Data Sederhana
Adalah tipe data yang hanya
mampu menyimpan satu nilai tiap satu variabelnya. Tipe data primitive merupakan
tipe data dasar yang sering dipakai oleh program. Contoh tipe data
primitive adalah tipe numerik (integer dan
real), tipe data karakter/char, tipe data boolean
v Tipe data numeric digunakan pada
variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai dalam bentuk bilangan atau angka.
Semua bahasa pemrograman menyediakan tipe data numeric, hanya saja berbeda
dalam jenis numeric yang diakomodasi. Tipe data ini terbagi atas integer, dan
real.
v Merupakan tipe data berupa bilangan
bulat, terbagi atas beberapa kategori seperti terlihat dalam tabel 1. tabel 1
menunjukkan jenis data, ukuran dalam memori dan rentang nilainya.
v Konstanta bertipe real adalah
bilangan yang berisi titik desimal atau jenis bilangan pecahan. Dalam Pascal
paling sedikit harus ada satu digit sebelum dan sesudah titik desimal, tidak
boleh ada koma dan nilainya bisa positif atau negatif. Dapat dituliskan secara
biasa atau model scientific. Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11,
dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama
dengan 4.5213e2.
v Boolean merupakan tipe data
logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah).
Turbo Pascal for Windows memiliki tiga macam jenis ini yaitu: Boolean,
WordBool, dan LongBool. Tipe boolean memakai memori paling kecil, sedangkan
WordBool dan LongBool dipakai untuk menulis program yang sesuai dengan
lingkungan Windows.
v Record atau struct
v Seperti halnya Array, Record atau
Struct juga termasuk tipe data komposit. Record dikenal dalam bahasa
Pascal/Delphi sedangkan Struct dikenal dalam bahasa C++. Berbeda dengan array,
tipe data record mampu menampung banyak data dengan tipe data berbeda-beda
(heterogen). Misalnya, satu bagian integer, satu bagian lagi character, dan
bagian lainnya Boolean. Biasanya record digunakan untuk menampung data suatu
obyek. Misalnya, siswa memiliki nama, alamat, usia, tempat lahir, dan tanggal
lahir. Nama akan menggunakan tipe data string, alamat bertipe data string, usia
bertipe data single (numeric), tempat lahir bertipe data string, dan tanggal
lahir bertipe data date.
Date Time
Nilai data untuk tanggal (date) dan
waktu (time) secara internal disimpan dalam format yang spesifik. Variabel atau
konstanta yang dideklarasikan dengan tipe data Date dapat digunakan untuk
menyimpan, baik tanggal maupun jam. Tipe data ini masuk dalam kelompok tipe
data composite, karena merupakan bentukan dari beberapa tipe data.
2. Struktur Data Sederhana
Struktur
data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data didalam komputer agar
bisa dipakai secara efisien. Sedangkan data adalah representasi dari fakta
dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam
atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.
Ø garis besar type data dapat
dikategorikan menjadi:
Type data sederhana.
Type data sederhana.
•
Type data sederhana tunggal, misalnya
Integer, real, boolean dan karakter.
•
Type data sederhana majemuk,
misalnyaString
Ø Struktur Data, meliputi:
•
Struktur data sederhana, misalnya
array dan record.
•
Struktur data majemuk, yang terdiri
dari:
•
Linier : Stack, Queue, sertaList dan
Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Pemakaian
struktur data yang tepat didalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma
yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan
lebih efisien dan sederhana.
Struktur data yang standar yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah
* List linier (Linked List) dan variasinya
* Multilist
* Stack (Tumpukan)
* Queue (Antrian)
* Tree ( Pohon)
* Graph ( Graf )
Struktur data yang standar yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah
* List linier (Linked List) dan variasinya
* Multilist
* Stack (Tumpukan)
* Queue (Antrian)
* Tree ( Pohon)
* Graph ( Graf )
•
Jenis Struktur Data
1. Struktur Data Sederhana
a. Array(Larik)
Larik adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama. Setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus tipe data yang menyatakan keterurutan misalnya integer atau karakter. Banyaknya elemen larik harus sudah diketahui sebelum program dieksekusi. Tipe elemen larik dapat berupa tipe sederhana, tipe terstruktur, atau tipe larik lain. Nama lain array adalah Larik, tabel, atau vektor
a. Array(Larik)
Larik adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama. Setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus tipe data yang menyatakan keterurutan misalnya integer atau karakter. Banyaknya elemen larik harus sudah diketahui sebelum program dieksekusi. Tipe elemen larik dapat berupa tipe sederhana, tipe terstruktur, atau tipe larik lain. Nama lain array adalah Larik, tabel, atau vektor
b.
Record(Catatan)
ADT adalah definisi tipe dan sekumpulan primitif (operasi dasar) terhadap tipe tersebut. Tipe diterjemahkan menjadi tipe terdefinisi dalam bahasa pemrograman yang bersangkutan.
ADT adalah definisi tipe dan sekumpulan primitif (operasi dasar) terhadap tipe tersebut. Tipe diterjemahkan menjadi tipe terdefinisi dalam bahasa pemrograman yang bersangkutan.
PENGERTIAN STRUKTUR DATA
Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data di dalam
komputer agar bisa dipakai secara efisien Sedangkan data adalah representasi
dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan,
direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau
simbol
Type data sederhana tunggal, misalnya Integer,
real, boolean dan karakter b. Type data sederhana majemuk, misalnya String2.
Struktur Data, meliputi
a. Struktur data sederhana, misalnya array dan
record b. Struktur data majemuk, yang terdiri dari: Linier : Stack, Queue,
serta List dan Multilist Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Pemakaian struktur data yang tepatdi dalam proses pemrograman
akanmenghasilkan algoritma yang lebihjelas dan tepat, sehinggamenjadikan
program secarakeseluruhan lebih efisien dansederhana.
Struktur data yang ″standar″
yangbiasanya digunakan di bidanginformatika adalah : List linier (Linked List)
dan variasinya Multilist Stack (Tumpukan) Queue (Antrian) Tree ( Pohon ) Graph
( Graf )
REVIEW
RECORD (REKAMAN) Disusun oleh satu atau lebih field.
Tiap field menyimpan data dari tipe dasar
tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama
rekaman ditentukan oleh pemrogram. Rekaman disebut juga tipe terstruktur.
Contoh :
1. type Titik : record <x : real, y
: real> jika P dideklarasikan sebagai Titik maka mengacu field pada P adalah
P.x dan P.y.
Didefinisikan tipe terstruktur yang mewakili
Jam yang dinyatakan sebagai jam (hh), menit (mm) dan detik (ss), maka cara
menulis type Jam adalah :
type Jam : record <hh : integer, {0…23} mm
: integer, {0…59} ss : integer {0…59} > Jika J adalah peubah (variabel)
bertipe Jam maka cara mengacu tiap field adalah J.hh, J.mm dan J.ss
Terjemahan dalam bahasa C :1. type Titik : record <x :
real, y : real> diterjemahkan menjadi : typedef struct { float x; float y; }
Titik;
type Jam : record <hh : integer, {0…23} mm
: integer, {0…59} ss : integer {0…59} > Diterjemahkan menjadi : typedef
struct { int hh; /*0…23*/ int mm; /*0…59*/ int ss; /*0…59*/ } Jam;
Struktur
Data Majemuk
Stack(Tumpukan)
Stack (tumpukan) adalah list linier yang dikenali elemen puncaknya (top), aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu (penyisipan selalu dilakukan “di atas” (top), penghapusan selalu dilakukan pada top).
Stack (tumpukan) adalah list linier yang dikenali elemen puncaknya (top), aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu (penyisipan selalu dilakukan “di atas” (top), penghapusan selalu dilakukan pada top).
Karena aturan penyisipan dan
penghapusan semacam itu,
top adalah satu-satunya alamat tempat
terjadi operasi.
Elemen yang ditambahkan paling akhir akan
menjadi elemen yang akan dihapus. Dikatakan bahwa elemen stack akan
tersusun secara LIFO (Last In First Out).
Queue(Antrian)
Queue (antrian) adalah list linier yang dikenali elemen pertama (head) dan elemen terakhirnya (tail);
Queue (antrian) adalah list linier yang dikenali elemen pertama (head) dan elemen terakhirnya (tail);
Aturan
penyisipan dan penghapusan elemennya disefinisikan sebagai penyisipan selalu
dilakukan setelah elemen terakhir, penghapusan selalu dilakukan pada elemen
pertama;
Satu elemen dengan elemen
lain dapat diakses melalui informasi next.
•
List
dan Multi-List (Daftar)
List linier adalah sekumpulan elemen
bertipe sama, yang mempunyai keterurutan tertentu, yang setiap elemennya
terdiri dari 2 bagian.
sebuah list linier dikenali dengan
(1) elemen pertamanya, biasanya melalui alamat
elemen pertama yang disebut (first);
(2) Alamat elemen berikutnya (suksesor), jika
kita mengetahui alamat sebuah elemen, yang dapat diakses melalui field next;
(3) Setiap elemen mempunyai alamat, yaitu
tempat elemen disimpan dapat diacu. Untuk mengacu sebuah elemen, alamat harus
terdefinisi. Dengan alamat tersebut informasi yang tersimpan pada elemen list
dapat diakses; (4) Elemen terakhirnya.
Ciri-Ciri Operator Dalam Bahasa
Pemograman Pascal
Operator merupakan simbol atau
karakter yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau
manipulasi, seperti menjumlahkan dua buah nilai, memberikan nilai ke suatu
variabel, membandingkan kesamaan dua buah nilai dan sebagainya.
Jenjang menunjukkan operator
mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu jika dalam suatu ungkapan melibatkan
lebih dari satu macam operator. Jenjang dengan nomor 1 adalah jenjang yang
tertinggi.
Misalnya
ungkapan
X=B+A, melibatkan dua operator; operator aritmatika ‘+’ mempunyai jenjang yang
lebih tinggi dibandingkan dengan operator pengerjaan ‘=’, sehingga ungkapan B+A
akan dikerjakan terlebih dahulu dan kemudian hasilnya akan diberikan ke
variabel X.
JENIS-JENIS
OPERATOR
Bahasa C menyediakan jenis-jenis
operator
misalnya :
operator
aritmatika
operator pengerjaan
operator
hubungan
operator logika
operator bitwise
dan operator
koma.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar